Mengenal Jenis² format Film

Mungkin terkadang kita bingung, ketika hendak ngedownload film di internet kualitas nya nanti bakalan seperti apa yah?? toh kita juga nggak mau kan kalo udah lama² nungguin download-an tau nya hasil nya mengecewakan.

nah atas persoalan tersebut, saya coba bantu dengan menerangkan beberapa kualitas² film yg layak untuk di tonton,, (yang layak menurut saya lho)hehehhe... Ga pake basa basi lagi lah yah, berikut adalah beberapa format film yang saya ketahui :

MPEG : Kualitas MPEG/wmv/mpg itu hampir setara,,biasa digunakan buat file2 video clip band2 or video lainnya,dan film2 indonesia.. tapi kadang juga film indonesia pake format DAT.
kualitasnya sendiri sama kaya kualitas VCD,tapi lumayan lah..


DVDRip : Merupakan Copian dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya bagus alias MANTABS. DVDRip bakalan ada kalo DVD Originalnya udah ada di pasaran. Bisa mendukung resolusi maksimal 720x480 atau 720x576.buat nonton..

DVDScr : Merupakan Copian DVD Promo yang digunakan sebagai promosi. DVDScr ada sebelum DVD originalnya keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir sama kaya DVDRip,cuma kadang2 gambar video sering ada beberapa tulisan penjelasan yang nongol di layar tentang FILM tersebut yang biasanya sedikit menggangu.

R5 : Kualitas gambar hampir sama kaya DVDRip, tapi untuk kualitas suara biasanya agak (cempreng), tapi ada beberapa yang kualitas suaranya dah bagus, tapi tetap aja masih ada sedikit noise jadi mengurangi kenyamanan dalam menonton.

CAM : Kualitas Jenis ini adalah hasil dari rekaman camera digital, langsung rekam di bioskop,jadi kadang penonton yang lalu lalang ikut masuk di dalemnya. Rekaman kualitas ini biasanya make mini tripod jadi sering ada sedikit goncangan. Kualitas video ini sangat jelek.(tidak disarankan) kecuali cuma pngn tau jalan cerita nya,bis gitu download lagi yg bagus nya..hehehhe

TS (Telesync) : Kualitasnya hampir sama kaya CAM. tapi kualitas gambar dan suara TS sedikit lumayan dari CAM, karena TS merupakan CAM yang telah dilabel ulang.

BRrip/HDTV : Resolusi jauh lebih besar 1920x1080 or 1280x720 (tergantung rippingan). Konsekuensinya, file jadi gede dan nyetelnya juga berat, diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. ( spek komputer eug mah support ) kalau nggak, nanti jadi patah-patah gambarnya. Kualitas ini jauh lebih bagus dari DVDRip.

mHD : mini/micro HD, hampir sama kaya HD, tetapi dengan resolusi lebih kecil 1280x540, jadi ukuran file nya juga lebih kecil daripada HD. ( sangat di sarankan ) tapi jarang yg upload mHD,,


nah mungkin cuma segitu yg gw tau,,
klo mau nambahin yg lain boleh2 aja kok..